There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Saturday, March 26, 2011

Media Massa : 5 Media Paling Berani di Dunia

WARTAPEDIA - Media massa sebagai hak kemerdekaan rakyat memang dituntut berpihak pada rakyat. Namun banyak juga media yang tidak pro rakyat dan justru berkoalisi dengan pemerintah.
Padahal ia lahir dari asas demokrasi yang salah satu pilarnya adalah adanya media massa sebagai pengontrol. Berikut ini kami menyajikan lima media massa di dunia yang paling berani :
1. WIKILEAKSAdalah web pembocor rahasia terbaik saat ini. WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia.Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.

Situs ini merupakan salah satu situs paling fenomenal di dunia. Wikileaks telah membocorkan ribuan berita diplomatik AS dari seluruh dunia. Dan website ini juga membocorkan kekejaman tentang AS dan NATO di Irak, Somalia, dan Afghanistan.

2. THE NEW YORK TIMES
The New York Times adalah koran harian yang diterbitkan di New York oleh Arthur Ochs Sulzberger Jr. dan didistribusikan secara internasional. Koran ini dimiliki oleh perusahaan The New York Times Compan yang juga menerbitkan 15 koran lainnya, antara lain International Herald Tribune dan Boston Globe.

Koran ini dijuluki "Gray Lady" karena gaya dan penampilannya dan dianggap sebagai koran yang bisa diandalkan sebagai sumber referensi resmi untuk kejadian-kejadian terkini. Koran ini juga membantu Wikileaks dalam menyebarkan bocoran kawat diplomatik pemerintah AS. Websitenya bersifat netral alias tidak ada campur tangan pemerintah AS.

3. THE GUARDIAN
The Guardian adalah surat kabar Inggris yang dimiliki kelompok Guardian Media Group. Surat kabar ini merupakan harian serius dalam bentuk lembaran besar dan dikenal relatif berhaluan kiri. Hingga tahun 1959 namanya masih The Manchester Guardian, dan nama ini masih sering digunakan untuk merujuk kepada harian ini khususnya di Amerika Utara.

Sirkulasi hariannya mencapai 400.000 (2002), dibandingkan dengan The Times (620.000), Daily Telegraph (920.000) dan The Independent (230.000). Harian ini kadang dipanggil The Grauniad karena banyaknya kesalahan ketik yang menyebabkannya terkenal, meski hal ini kini sudah lebih jarang terjadi.

Guardian merupakan koran berita yang paling berani di Inggris. Koran ini juga ikut menyebarkan dokumen Wikileaks / membantu Wikileaks dalam menyebarkan berita rahasia tersebut.

4. AL JAZEERAStasiun televisi berbahasa Arab dan Inggris yang berbasis di Doha, Qatar ini menjadi populer setelah serangan 11 September 2001, Wawancara ekslusif terkait tragedi 911 cukup menyita perhatian publik di seluruh dunia. Bahkan dalam sebuah kesempatan, Al Jazeera juga menyiarkan rekaman pernyataan Osama bin Laden dan pimpinan al-Qaeda lainnya.

Selain saluran berita utama, Al Jazeera juga mengoperasikan beberapa saluran TV khusus lainnya, antara lain Al Jazeera English, Al Jazeera Sports, Al Jazeera Live, dan Al Jazeera Children's Channel. Selain itu, Al Jazeera juga mengoperasikan situs web berita berbahasa Arab

5. CNN
CNN atau Cable News Network adalah Jaringan Berita TV Kabel yakni stasiun televisi kabel yang didirikan oleh Ted Turner & Reese Schonfeld. CNN adalah bagian dari Turner Broadcasting System, yang dimiliki Time Warner. CNN sering dianggap sebagai perintis konsep pemberitaan 24-jam yang mulai berdiri pada 1 Juni 1980.
Media massa memang memiliki afiliasi yang berbeda terkait sebuah penyajian berita. Karakter media massa bisa dilihat dari setiap pemberitaan yang terkadang subyektif dan memihak salah satu kelompok tertentu. Akhir kata, media hanya bertugas informasi, namun tetap sesuai kode etik yang wajib dipatuhi.
redaksi@wartapedia.com

source : http://wartapedia.com/nasional/headline/tajuk/2197-media-massa-5-media-paling-berani-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment

Blog Archive