Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Saturday, March 26, 2011

Bijak Menggunakan Air

Dalam kehidupan sehari-hari sering secara tidak sengaja terjadi pemborosan air sementara banyak orang di tempat lain yang belum memperoleh air bersih. Saatnya bijak menggunakan air agar setiap orang merasakan manfaatnya. Selain itu, air bersih merupakan tabungan masa depan untuk kehidupan anak cucu nanti. Berikut tips singkat yang bisa diterapkan sehari-hari untuk hemat air.

  1. Jangan biarkan keran air mengalir kalau tidak dipakai. Kabarnya, air yang mengalir dari keran mencapai kira-kira 9 liter setiap menit nya.
  2. Periksa pipa dan keran air secara teratur. Segera perbaiki bila ada yang bocor.
  3. Sebaiknya cuci piring dengan baskom berisi air. Cara ini lebih hemat air ketimbang mencuci dengan air mengalir.
  4. Cuci sayuran dan daging secara terpisah dalam wadah yang sudah diisi sebanyak kurang lebih 4 liter air. Anda boros air 15 kali lebih banyak bila melakukannya di bawah air yang mengalir.
  5. Pakai lap dan seember air bila mencuci mobil. Jangan pakai selang air.
  6. Tutup keran saat menyikat gigi. Hanya nyalakan air saat membasahi dan membilas sikat gigi serta berkumur.
  7. Lebih baik mandi dengan shower yang disetel dengan daya pancur sedang ketimbang dengan gayung. Anda bisa hemat air sampai sepertiganya.
  8. Bila mempunyai mesin cuci, masukan pakaian dengan memaksimalkan kapasitas mesin cuci tersebut. Ini membuat Anda menghemat air dan energi
  9. Gunakan air bekas yang mengalir dari mesin cuci untuk mencuci lantai.

Banyak cara untuk berhemat air. Anda cukup ingat pentingnya air bersih untuk semua orang dan masa yang akan datang, lalu mulailah berhemat. Gampang kan!
 source : http://www.supporterwwf.org/tips/detil/24

No comments:

Post a Comment

Blog Archive