There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Sunday, March 13, 2011

Barongsai Dancing on River,Sukabumi - Jawa Barat

Tarian barongsai di atas sungai

Oleh Kontributor  | Jumat, 4 Februari 2011 | budaya

Tarian barongsai di atas sungai
Arief Sujatmoko
 
Guna memeriahkan peringatan Tahun Baru Imlek 2011, operator arung jeram Arus Liar membuat acara bertemakan "Barongsai on The River", Kamis (3/2).

Acara yang diadakan di sungai Citarik, Desa Cilegong, Kecamatan Cikidang,  Sukabumi, Jawa Barat tersebut melibatkan masyarakat dari berbagai daerah untuk bisa menikmati Hari Raya Imlek dengan atraksi barongsai yang menari-nari di atas perahu karet.

Mengawali aksinya, barongsai yang tergabung dalam kelompok Rajawali Mas Sukabumi menari di depan pintu masuk yang diakhiri dengan bunyi petasan. Seakan kecanduan, barongsai menggila dengan  meliuk-liuk di atas perahu karet dengan iringan genderang yang riuh. Masyarakat sontak berbondong-bondong melihat tarian dari barongsai di atas perahu karet yang mengikuti arus jeram Sungai Citarik. Ledakan keras mercon menandai akhir perjalanan barongsai yang menari di atas sungai tersebut.

CEO Arus Liar, Amalia Yunita, mengatakan bahwa mereka sudah beberapa kali mengadakan perayaan yang inovatif, seperti menikah di atas perahu, parade bedug di atas perahu, dan berbagai hal lainnya. "Mayoritas warga di daerah ini kan muslim, dan sebagian besar belum pernah melihat atraksi barongsai secara langsung. Berangkat dari situ kami ingin memberikan hiburan yang berbeda kepada mereka," tambah wanita yang akrab disapa Yuni ini.

Sementara itu, Asisten Manajer Pemasaran Arus Liar, Agustian, mengungkapkan akan mengadakan inovasi lain yang terkait dengan arung jeram. "Mungkin upacara bendera di atas perahu karet saat hari kemerdekaan Indonesia." (Arief Sujatmoko)
 
http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/529/tarian-barongsai-di-atas-sungai

No comments:

Post a Comment

Blog Archive