There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Sunday, March 13, 2011

Go Green...HUTAN HIJAU

Jaga Hutan demi Air bersih

Oleh Gloria Samantha  | Selasa, 8 Maret 2011 | alam dan lingkungan

Jaga Hutan demi Air bersih
stock.xchng
 
World Resources Institute usulkan penjagaan hutan dalam rangka penyediaan air bersih untuk jangka waktu panjang.

Para peneliti dari WRI menjelaskan kalau sistem penyaringan yang berguna untuk memastikan air yang higienis menelan banyak biaya. "Butuh investasi hingga jutaan miliar dolar untuk pembangunan infrastruktur," demikian jelas peneliti dari World Resources Institute (WRI) belum lama ini. WRI lalu mengusulkan agar dana besar untuk pembuatan infrastruktur tersebut dimanfaatkan untuk dana perbaikan dan perlindungan hutan untuk waktu yang panjang. "Hutan yang secara alami melakukan penyaringan air," jelas peneliti dari WRI. 

New York merupakan contoh salah satu kota yang sudah menerapkan proses ini. Hasilnya, jutaan dolar bisa dihemat melalui konservasi hutan-hutan alam di sekitar.

Melalui berbagai perhitungan dan tinjauan, WRI menilai bahwa konservasi hutan adalah cara teramat efektif dalam penekanan biaya, tapi tetap menghasilkan air bersih--dan udara bersih. Metode ini juga cukup dapat diaplikasikan, terutama di negara-negara Amerika Serikat bagian selatan yang tercatat memiliki sekitar 29 persen area hutan. (Sumber: SeeSouthernForests.org)
source : http://nationalgeographic.co.id

No comments:

Post a Comment

Blog Archive