There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Friday, April 1, 2011

Demi Tahu Pong Semarang, Rela Antre...

Editor: I Made Asdhiana
Kamis, 24 Maret 2011 | 15:52 WIB
YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM Tahu pong semarang di Jalan Hayam Wuruk, Jakpus.
Foto:
1 2
KOMPAS.com — Tahu pong adalah salah satu makanan khas dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun, kita nggak perlu jauh-jauh pergi ke Semarang untuk makan tahu ini karena di Jakarta pun ada penjual tahu pong yang enak. Kelezatan tahu pong di Jalan Hayam Wuruk ini sudah lumayan terkenal. Setiap kali melewati Jalan Hayam Wuruk atau seberang Carrefour Duta Merlin, tempat ini tidak pernah sepi, selalu saja ada mobil berderet-deret di depan Tahu Pong Semarang.
Akhirnya, kami coba juga si tahu pong ini, dan kami harus menunggu dulu sekian menit untuk mendapatkan tempat duduk. Menurut tukang parkir di situ, tahu pong ini memang selalu penuh.... Jadi, ya, kami harus rela mengantre sebentar. Tempat pinggiran kaki lima yang lumayan luas, tetapi selalu ramai pengunjung, hebat lho. Bahkan, semakin malam semakin ramai saja di sini. Setelah dapat tempat duduk, kami pun pesan tahu pong gimbal, ayam kalasan, dan soto kudus.
Yang pertama datang adalah soto kudus dan tahu pongnya. Soto kudus ala tahu pong ini berkuah bening dan rasanya segar karena diberi campuran air jeruk nipis. Enak lho, lezat. Nah, sekarang kita coba tahu pongnya, Tahunya gendut-gendut, tetapi begitu dimakan langsung kempes... ha-ha-ha.... Namanya juga tahu pong alias kopong.
Menurut saya, ini enaknya dimakan dalam keadaan panas. Rasa tahunya enak dan lembut dalamnya. Dicelup bumbu kuahnya dulu, ya, supaya lebih mantap rasanya. Bahkan, kalau anda suka lobak, anda bisa menambahkan irisan lobak ke dalam bumbu kuah tahu tadi. Tahu pong di sini ditawarkan dalam paket tahu pong saja, tahu pong gimbal, tahu emplek, tahu pong emplek gimbal, atau mau yang komplit juga bisa, yaitu tahu pong emplek gimbal telur. Gimbal itu mirip seperti bakwan, sedangkan emplek itu tahu yang padat, tidak kosong seperti tahu pong.
Berikutnya adalah ayam kalasan. Rasa ayam kalasannya juga tidak kalah enak dengan tahu pong yang menjadi andalan di sini. Rasa gurih manisnya meresap sampai ke dalam, pas banget deh rasanya. Di sini juga ada lumpia semarang dan bandeng presto. Memang semua yang disajikan khas makanan dari Kota Semarang dan sekitarnya.
Tahu Pong Hayam Wuruk memang mantap sekali rasanya. Sayang sekali, mereka hanya berjualan dari pukul enam sore sampai pukul sepuluh malam. O iya, kami perhatikan juga orang-orang yang makan tahu pong ini, bisa habis sampai 1 porsi untuk  per orang lho, ck-ck-ck... tapi memang enak sih, jadi ya wajar saja, kan. Jadi yang belum pernah mencicipi kelezatan tahu pong dan ayam kalasan Hayam Wuruk ini, cobain deh... nggak akan nyesel. Selain enak, harganya pun sangat terjangkau. (Ita)

No comments:

Post a Comment

Blog Archive