There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Friday, April 1, 2011

Ke Purwokerto? Ya, Tempe Mendoan

Editor: I Made Asdhiana
Rabu, 30 Maret 2011 | 09:30 WIB
Dibaca: 2233

YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM Tempe mendoan khas Purwokerto.
KOMPAS.com - Purwokerto adalah kota yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Banyak kuliner enak dan murah, setiap kali lewat ke kota ini, pasti yang pertama di cari adalah makanannya. Di kota ini banyak sekali makanan dan jajanan enak, terkenal dan yang jelas murah. Perkembangan kota Purwokerto sendiri sangat pesat beberapa tahun terakhir dengan banyaknya pusat bisnis baru, juga dengan kulinernya.
Nah kali ini kita mau mampir ke toko yang berjualan jajanan dan oleh-oleh khas Purwokerto, namanya Eco 21, lokasinya di Jalan Jenderal Soetoyo nomor 21 (lebih dikenal daerah Sawangan). Disini terkenal banget dengan kripik tempe dan mendoannya. Tempe kripiknya disini terasa lebih tebal, tapi renyah. Jadi ada 2 macam ukuran kripik tempe, kecil dan besar.
Anda pernah makan tempe mendoan? Tempe asli Purwokerto ini memang agak unik, banyak yang mengira makan tempe yang digoreng setengah matang atau kalau orang jawa bilang mendo (setengah matang) bisa jadi sakit perut.  Proses pembuatan tempe ini dimuali dengan pemilihan biji kedelai lalu dibersihkan dan dibelah jadi dua, lalu diletakkan di atas daun pisang, dalam 1 bungkus biasa terdapat 4 lapis, biji kedelai dalam waktu sekitar 2 hari akan mengeluarkan jamur (proses fragmentasi).
Di Eco 21 beli tempe mendoan juga bisa dipotong kecil, bisa juga besar. Tempe mendoan digoreng dengan tepung ditambah dengan daun bawang dan minyak yang cukup banyak akan lebih enak, pasangan teman makan tempe mendoan adalah sambal kecap atau cabe rawit, kalau di Eco 21 sudah tersedia juga racikan sambal kecapnya.
Makan tempe mendoan yang masih panas dan ditambah sambal kecap rasanya memang mantap. Bagi penggemar tempe mendoan, di Eco 21 bisa beli tempe yang masih belum jadi beserta tepung dan sambal kecapnya khas Eco 21. (Yudi)

No comments:

Post a Comment

Blog Archive