There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Saturday, May 21, 2011

“Museum and Memory” dalam Festival Museum Day 2011

Ditulis 19 May 2011 pukul 17:19
Memperingati hari Museum Internasional, sekitar 43 museum yang ada di kota Jakarta turut memeriahkan Festival Museum Day 2011 pada Rabu, 18 Mei 2011, di Taman Museum Fatahillah, Kawasan Kota Tua. Kota Jakarta sendiri menjadi salah satu kota yang memiliki museum terbanyak di dunia. Museum tersebut tersebar terutama di Jakarta pusat dan di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, di Jakarta Timur.
Festival Museum Day 2011 yang mengambil tema "Museum and Memory" telah melibatkan 15 SMP dan SMA untuk turut menjadi peserta dalam festival tersebut. Remaja-remaja ini memang menjadi target pengunjung festival untuk menguatkan kecintaan mereka kepada museum. Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi DKI Jakarta Arie Budhiman. 
Anak muda yang hadir dalam acara tersebut sangat antusias mengikuti beragam acara termasuk secara merata mengunjungi stand museum yang ada. Berbagai acara lomba, penampilan grup kesenian tradisional Betawi, serta jajanan khas Betawi hadir dalam pameran ini. Selain pameran, juga ada acara bincang-bincang quo vadis museum, hasil kerja sama Bank Indonesia dan Komunitas Jelajah. 
Festival Museum Day ini bertujuan mendukung Gerakan Nasional Cinta Museum yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat terutama kaum muda agar lebih mengenal dan mencintai museum. Pejabat terkait, pelajar, guru, serta pengunjung turut serta menandatangani spanduk sepanjang 200 meter sebagai simbol dukungan Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2014 yang diusung Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
Di tempat acara sendiri yaitu di Kawasan Kota Tua ada beberapa museum yang dapat dikunjungi adalah: Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang.
Museum sendiri secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata “mouseion”, kata ini ditujukan pada 9 Dewi Muses yaitu anak-anak Dewa Zeus yang melambangkan ilmu dan kesenian. Sekarang, nama museum diartikan sebagai ruang dokumentasi dan pelestarian warisan literatif masa lampau dan sarana memproyeksikan peradaban. Museum dalam batasan fungsional kini menjadi tempat bagi dokumentasi ilmiah, transformasi kultural, dan obyek wisata.

source : http://www.indonesia.travel/id/news/detail/377/-museum-and-memory-dalam-festival-museum-day-2011

No comments:

Post a Comment