There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Friday, March 25, 2011

Jelajahi Indonesia - History

Sejak zaman prasejarah kepulauan Indonesia telah dihuni oleh manusia purba atau pithecanthropus erectus (upright apeman) manusia tertua yang dikenal disini, hidup lebih dari satu juta tahun yang lalu. Spesies prasejarah lain yang paling baru termasuk Homo floresiensis masih diperdebatkan, atau hobbit Flores, orang kerdil, yang juga telah menjadikan kepulauan ini rumah mereka.
Berdasarkan catatan sejarah Cina menyebutkan bahwa perdagangan antara India dan pulau-pulau ini sudah didiami sejak abad pertama Masehi. Kerajaan maritim yang berkuasa, Sriwijaya yang berada di sekitar Pelembang di Selatan Sumatra, merupakan pusat belajar agama Budha dan dikenal akan kekayaanya. Kerajaan ini memegang kekuasaan atas laut Sumatra dan Selat Malaka dari abad ke 7 sampai 13. Pada abad ke 8-9, Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram di Jawa Tengah membangun candi Budha Borobudur yang megah, kemudian diikuti oleh pembangunan candi Hindu Prambanan yang elegan dibangun oleh Raja Rakai Pikatan yang kejam dari keturunan Sanjaya.
Dari tahun 1294 sampai abad ke-15 Kerajaan Majapahit yang berkuasa di Jawa Timur menguasai  sebagian besar pulau. Sementara itu, kesultanan kecil dan besar yang berkuasa berkembang pesat di kepulauan ini, dari Sumatra ke Jawa dan Bali, ke Kalimantan , Sulawesi, Ternate dan Maluku. Pada abad ke-13, Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan India dan saat ini Islam menjadi agama mayoritas penduduk Indonesia.
Menurut sejarah, para pedagang membawa agama terbesar dunia seperti Budha, Hindu dan Islam ke kepulauan ini, yang mempengaruhi budaya dan cara hidup bangsa ini. Namun Indonesia belum dapat ditaklukkan oleh India juga Cina, sampai bangsa Eropa datang dan menjajah pulau-pulau ini.
Marco Polo merupakan orang Eropa pertama yang menginjakan kaki di Sumatra. Kemudian, dalam pencarian pulau-pulau penghasil rempah-rempah, bangsa Portugis dan Spanyol datang ke pulau-pulau berlayar disekitar Good Hope di selatan Afrika. Pada tahun 1596 kapal Belanda pertama berlabuh di tepi laut Jawa Barat dari pelayaran yang panjang. Lebih dari 3 abad kemudian, Belanda secara bertahap menjajah kepulauan ini sampai dikenal sebagai Hindia Belanda.
Namun, pemberontakan melawan penjajah segera terjadi di seluruh negeri. Pemuda Indonesia, dalam Sumpah Pemuda tahun 1928 bersumpah membangun "Satu Negara, Satu Bangsa dan Satu Bahasa: Indonesia", tanpa memandang ras, agama, bahasa atau latar belakang etnis di wilayah yang kemudian dikenal sebagai Hindia Belanda.
Akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia Kedua, rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaan mereka melalui pemimpin mereka Soekarno dan Hatta. Kebebasan, tidak mudah diberikan. Setelah pertempuran berdarah selama bertahun-tahun berjuang pemerintah Belanda akhirnya menyerah, secara resmi mengakui Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.
Jelajahi Indonesia-SejarahJakarta, terletak di pantai utara Jawa bagian Barat yang merupakan ibu kota Republik Indonesia. Pusat pemerintahan, pusat bisnis dan keuangan. Sebuah kota besar, metropolitan modern dengan penduduk 9 juta orang, Jakarta adalah tempat percampuran budaya dari semua kelompok etnis yang berbeda di nusantara.
Saat ini, setelah enam dasawarsa kemerdekaan, Indonesia telah menjadi negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Meskipun saat ini tengah menghadapi krisis keuangan global, Indonesia telah berhasil menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif, dan masyarakat internasional menghormati karena kemoderatannya, toleransi dan sikap beragama dalam konflik global saat ini. Indonesi dikenal masyarakat dunia telah berhasil mengatasi konflik perbedaan agama dan ras. Maka dari itu, banyak negara yang sedang mengalami konflik antar agama, budaya, dan ras meminta bantuan pada Indonesia.


http://www.indonesia.travel/id/discover-indonesia/history#first

No comments:

Post a Comment

Blog Archive