There was an error in this gadget
Visit My Awesome Photo's Galleries Other World's, Click Here to see!

Search This Blog

Loading...

Sunday, March 20, 2011

Berbagai Macam Kopi Di Indonesia

Haloo... para teman-teman sedikit terlintas ingin menulis dan meminum secangkir kopi di akhir minggu yang sepi ini..., sambil isengnya jari-jariku bermain dengan keyboard dan "menggoyang-goyangkan" mouse ini mengapa aku gak sedikit share kepada kalian tentang kopi yah?
Kopi itu ada berbagai macam di Indonesia dan banyak juga rasanya walaupun saat ini aku hanya sebagai seorang peminum kopi tapi aku dapat membedakan bagaimana kopi yang enak diminum ataupun yang tidak, di sini aku akan menerangkan beberapa macam-macam kopi yang ada di Indonesia, negeri tercinta ini.
Kopi Liberica
Kopi liberica berasal dari Angola dan masuk ke Indonesia sendiri sejak tahun 1965. Kabarnya kopi liberica merupakan kopi terbaik dari segala kopi yang ada di dunia. Akan tetapi volume peredaran kopi liberica sangat minim sekali di dunia sehingga sangat jarang bisa untuk ditemui karena kualitas buah dan rendemannya rendah. Pohon liberica ini bisa mencapai ketinggian 30 m, dan biji kopi liberica merupakan biji kopi dengan ukuran terbesar di dunia. Beberapa varietas kopi liberica yang pernah didatangkan di Indonesia antara lain Ardoniana dan Durvei.

Kopi Arabica
Kopi Arabica merupakan varietas kopi yang paling banyak yang ada di dunia, dengan berbagai keunikan dan rasa yang khas dari setiap masing-masing varietasnya. Varietas ini merupakan yang pertama kali dikenal dan dibudidayakan oleh manusia dan merupakan golongan kopi yang paling banyak diusahakan sampai akhir abad XIX. Namun setelah abad XIX dominasi kopi Arabika mulai menurun, karena sangat rawan terhadap hama penyakit, terutama di daerah dataran rendah. Beberapa varietas yang terkenal antara lain

Kopi Kolombia
Kopi Kolombia memiliki rasa dan aroma yang kuat jika langsung digoreng. Colombian Milds, varietas ini termasuk kopi dari Kolombia, Kenya dan Tanzania. Hawaiian Kona coffee, ditanam di kaki pegunungan Hualalai di distrik Kona di Hawaii. Kopi ini memiliki harga yang mahal karena kepopulerannnya.

Kopi Jawa (Java coffee),
Berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Kopi ini sangatlah terkenal sehingga nama Jawa menjadi nama identitas untuk kopi. Mocha, kopi dari Yemen dahulunya diperdagangkan di pelabuhan Mocha di Yemen.

Kurang lebihnya seperti diatas tentang berbagai macam kopi yang ada di Indonesia dan masih banyak lagi jenis-jenis lainnya. Sedikit tips meminum kopi cukup 3 gelas sehari dan jika belum terbiasa minum tanpa gula ada baiknya belajarlah minum tanpa gula, teman-teman dapat merasakan “the real taste of coffee”lebih nikmat dan sisi positifnya dapat mengurangi diabetes juga loh… “Jika meminum kopi dengan gula sih namanya… bukan ngopi tapi ngolak…” (alias kolak) .

source : http://www.coffeecommunity.web.id
dikutip dari : http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=16637

No comments:

Post a Comment